Simak Tahap Bayar Iuran BPJS Lewat ATM yang Bisa Dilakukan dengan Mudah dan Cepat

Simak Tahap Bayar Iuran BPJS Lewat ATM yang Bisa Dilakukan dengan Mudah dan Cepat

Kartu ATM merupakan jenis kartu yang dikeluarkan oleh bank yang bisa digunakan untuk banyak kepentingan keuangan. Misalnya saja kartu ATM tersebut menjadi alat yang digunakan apabila Anda akan mengambil uang di ATM terdekat. Selain itu juga bisa digunakan untuk pembayaran dengan kartu ATM di swalayan, minimarket, ataupun tempat lainnya yang bisa menyediakan pembayaran dengan kartu ATM. Selain sebagai fungsi pembayaran, kartu ATM tersebut juga mempunyai banyak fungsi lainnya yaitu untuk transfer, pembayaran listrik, pembelian pulsa, pembayaran air, pendidikan, dan juga bisa untuk bayar iuran BPJS dari ATM.

Bayar Iuran BPJS

BPJS merupakan asuransi yang mencakup banyak jenis yang dicover dan merupakan jenis asuransi dari pemerintah yang mempunyai iuran yang murah. Pada umumnya pembayaran iuran asuransi ini bisa dilakukan di banyak tempat tidak hanya di ATM saja. Tetapi juga bisa dibayarkan di situs belanja online yang menyediakan tempat pembayaran iuran BPJS secara online yang mudah dan praktis. Selain itu juga bisa dilakukan secara langsung di kantor BPJS, lewat internet banking, dan masih banyak cara lainnya untuk pembayaran iuran BPJS. Bagi Anda yang ingin membayar lewat ATM, prosesnya sendiri sangat mudah, seperti langkah dan proses seperti berikut ini:

  • Memperhatikan bank yang dituju

Langkah bayar iuran BPJS yang pertama adalah memperhatikan bank yang dituju. Dimana tidak semua bank melayani pembayaran iuran BPJS dengan ATM ini karena hanya beberapa bank saja. Sehingga Anda harus mengetahui terlebih dahulu bank apa saja yang menyediakan pembayaran iuran BPJS lewat ATM. Adapun beberapa bank yang menyediakan pembayaran iuran BPJS ini adalah Mandiri, BRI, dan juga BNI. Sehingga bagi Anda yang mempunyai kartu ATM ketiga bank tersebut bisa untuk lebih mudah melakukan pembayaran iuran BPJS dari kartu yang Anda miliki. Selain lewat internet, Anda juga tentunya bisa untuk memanfaatkan internet banking bagi yang telah terdaftar. Tetapi apabila belum terdaftar internet banking maka pembayaran lewat ATM bisa menjadi sistem pembayaran yang juga mudah dan cepat.

  • Perhatikan langkah mudah pembayaran

Langkah selanjutnya ketika mengetahui bank yang menyediakan pembayaran iuran BPJS adalah dengan melakukan pembayaran. Anda bisa untuk datang ke bank atau di beberapa tempat yang menyediakan ATM untuk kartu bank yang Anda punyai. Setelah itu bisa untuk melakukan beberapa langkah selanjutnya untuk pembayaran iuran BPJS seperti berikut ini:

  • Siapkan kartu ATM yang Anda punyai dan masukkan seperti pada umumnya ketika akan mengambil uang atau melakukan transaksi lainnya.
  • Memilih bahasa dan memasukkan PIN ATM Anda.
  • Memilih menu bayar atau beli dari berbagai menu yang ada di layar mesin ATM tersebut. Setelah itu pilih menu lainnya dan pilihlah menu BPJS.
  • Pilihlah pembayaran iuran BPJS yang akan dibayar baik itu kesehatan atau BPJS ketenagakerjaan.
  • Pilih menu individu atau badan usaha sesuai dengan kepentingan pembayaran Anda.
  • Masukkan kode dan nomor BPJS.
  • Lakukan pembayaran sesuai dengan nominal yang muncul.
  • Langkah berbeda untuk setiap bank

Bayar iuran BPJS ini selain cara di atas pada umumnya bisa dibedakan dari bank yang Anda gunakan. Sehingga tidak heran apabila prosesnya akan sedikit berbeda apabila menggunakan kartu ATM dari bank yang berbeda. Oleh karena itulah sebelum akan melakukan pembayaran lewat ATM ini pastikan Anda mencari cara pembayaran menurut kartu ATM dari bank yang Anda miliki. Sehingga tidak akan melakukan ke salah dan menyiapkan hal yang akan diperlukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *