Ini Dia Jenis-jenis Batrai Sekali Pakai dan Isi Ulang yang Bisa Anda Gunakan

Ini Dia Jenis-jenis Batrai Sekali Pakai dan Isi Ulang yang Bisa Anda Gunakan

Batrai adalah alat yang terdiri dari dua atau lebih sel elektronika yang mengubah energi kimia yang tersimpan menjadi energi listrik dan tiap selnya memiliki kutub positif dan kutub negatif. Saat ini ada dua jenis volta ini yaitu sekali pakai dan diisi ulang. Alat elektro kimia yang hanya sekali pakai banyak digunakan untuk keperluan tertentu dan mudah ditemukan oleh penggunanya. Untuk alat elektro kimia isi ulang biasanya digunakan untuk pengisian beberapa alat tertentu. Untuk jenis elektro kimia sekali pakai biasanya disebut primer dan elektro kimia isi ulang disebut sekunder.

Batrai Bukalapak
Ilustrasi Gambar By Google Image HobbyEquipment.se

Saat ini beberapa alat elektro kimia ini sudah dijual pada beberapa situs jual beli online terpercaya dengan mudah. Alat ini biasanya digunakan untuk jam dinding, jam tangan, remote dan masih banyak lagi. Untuk alat elektro kimia sekali pakai biasanya memiliki jenis ukuran seperti AAA (sangat kecil), AA (kecil), C (medium) dan D (besar). Berikut adalah jenis-jenis alat elektro kimia sekali pakai diantaranya:

  • Zinc Carbon ayai heavy duty yang memiliki daya tahan paling rendah harganya paling murah.
  • Alkaline yang jauh lebih tahan lama dan mahal dengan bahan elektrolit Potassium hydroxide.
  • Lithium yang paling kuat dan dapat bertahan 10 tahun pada suhu yang rendah. Sering digunakan pada memori untuk backup komputer dan jam tangan berupa koin atau kancing.
  • Silve Oxide termasuk mahal dengan energi yang tinggi dan berbentuk seperti koin dengan penggunaan pada jam tangan dan lebih tingginya pada aplikasi militer.
  • Zinc Air Cell yang digunakan pada alat bantu dengar dan memiliki ketahanan yang lama dan hanya memiliki anoda, katoda memanfaatkan udara di sekitarnya.

Dengan mengetahui beberapa elektro kimia diatas, pengguna dapat memilih sesuai dengan kebutuhannya saat ini. Penggunaan alat elektro kimia ini sangat penting untuk dapat membuat alat elektronik dapat menyala. Peranan alat ini membuat fungsi sebuah alat lebih menjadi berguna. Sebagai pengguna alat ini sebaiknya memahami ukurannya karena ukuran akan bergantung pada daya alat elektro kimia yang ditawarkan. Jika tidak sesuai dengan ukurannya maka alat tidak dapat hidup.

Berikut adalah batrai isi ulang diantaranya:

  • Ni-Cd atau Nickel-Cadmium, beroperasi dalam jangkauan suhu yang luas dan siklus daya yang tahan lama. Alat elektro kimia ini akan melakukan discharge sendiri sekitar 30% saat tidak digunakan.
  • Ni-MH atau Nickel-Metal Hydride, tidak memiliki zat berbahaya yang dapat merusak lingkungan dan kesehatan manusia. Dapat diisi ulang hingga ratusan kali dan melakukan discharge sendiri 40% saat tidak digunakan.
  • Li-Ion atau Lithium-Ion, memiliki daya tahan siklus yang tinggi dan juga lebih ringan. Tidak memiliki bahan berbahaya untuk lingkungan dan mampu melakukan discharge 20% jika tidak digunakan.

Beberapa alat elektro kimia diatas sudah terdapat pada situs jual beli online. Untuk alat elektro kimia sekunder dapat diisi ulang dan menghasilkan arus listrik adalah sama dengan elektro kimia primer. Proses energi yang terjadi pada elektro kimia ini tentunya berbeda dan membuat elektro kimia ini cukup banyak digunakan.

Batrai sekali pakai juga perlu dirawat, jangan biarkan terkena air dalam waktu yang lama. Pastikan juga menggunakan penutup alat pada barang terpasang sempurna karena dapat mengurangi kapasitasnya. Untuk alat elektro kimia sekunder diperhatikan kandungannya karena beberapa tidak baik untuk lingkungan dan kesehatan manusia. Saat dibuang maka alat elektro kimia ini tidak boleh sembarangan dibiarkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *