Ingin Bangun atau Beli Rumah? Pertimbangkan Ini!

Ingin Bangun atau Beli Rumah? Pertimbangkan Ini!

Untuk memiliki sebuah rumah, Anda bisa membeli rumah yang sudah jadi atau membangun rumah dari awal. Jika ingin membeli rumah yang sudah jadi, tentu Anda tidak perlu mencari jasa bangun rumah untuk membangun rumah Anda. Tentu, di antara keduanya pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Hal tersebut juga perlu disesuaikan dengan keadaan Anda sendiri. Karena itu, simak penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan dalam membangun dan membeli rumah di bawah ini.

Jasa Bangun Rumah

  1. Tentukan sendiri

Jika kita membangun rumah, tentu kita bisa menentukan segala sesuatunya. Dimulai dari letak rumah, luas rumah, tipe rumah, gaya arsitektur, jumlah kamar, dan lain-lain. Tentu saja, Anda akhirnya bisa dengan bebas membangun rumah yang selama ini menjadi impian Anda. Jangan lupa untuk memperhatikan lahan yang Anda gunakan untuk membangun rumah. Pastikan terlebih dahulu ke pemerintah bahwa tanah tersebut peruntukannya adalah untuk tempat tinggal.

  1. Hemat biaya

Anda bisa mencari dan membuat perjanjian sendiri dengan kontraktor untuk membangun rumah. Selain itu, masalah luas rumah juga bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan bujet Anda. Jika memang Anda tidak membutuhkan rumah yang terlalu besar, Anda bisa membangun rumah sesuai kebutuhan. Karena jika Anda membeli rumah, maka tidak akan semudah itu untuk bisa menemukan rumah dengan luas yang tepat untuk Anda. Sisa dari tabungan Anda bisa dialihkan untuk membeli furnitur, barang elektronik atau bisa ditabung kembali.

  1. Konsep Rumah Tumbuh

Jika memang jumlah dana yang dimiliki masih terbatas, Anda bisa menggunakan konsep rumah tumbuh. Mulailah membangun dari ruangan-ruangan yang paling penting terlebih dahulu, seperti kamar tidur, kamar mandi, ruang tamu dan ruang keluarga. Sisanya, bisa Anda bangun ketika anggarannya sudah memenuhi.

  1. Siap pakai

Hal ini sering kali menjadi alasan mengapa seseorang memilih untuk membeli rumah. Anda memang tidak perlu repot-repot untuk mengurusi proses membangun rumah. Tentu saja Anda juga bisa berhemat dari segi waktu karena untuk membangun rumah tentunya membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

  1. Menggunakan KPR

Pada umumnya, ketika menggunakan KPR kita harus membayar sekitar dua puluh sampai tiga puluh persen dari total harga rumah tersebut. Kemudian sisanya diangsur dan dibayarkan setiap bulannya sampai sekitar lima belas tahun. Tentu ini adalah solusi bagi Anda yang ingin memiliki rumah namun masih belum memiliki tabungan sehingga bisa membayar secara cash.

  1. Waktu yang lama

Hal ini tentu saja akan terjadi kalau Anda memilih untuk membangun rumah. Untuk mengurusi perizinannya saja membutuhkan waktu sekitar satu sampai dua tahun. Setelah itu proses membangunnya juga tidak memakan waktu sebentar. Anda juga harus mengontrak rumah selagi rumah tersebut dibangun.

  1. Proses rumit

Rumitnya membangun rumah sudah terlihat sejak penentuan pemilihan lokasi sekaligus melakukan pengurusan perizinan, kemudian memilih arsitek untuk mendesain dan memilih kontraktor untuk membangun rumah, bahkan mengurusi instalasi air, listrik, jaringan internet dan telepon, Proses legalitas seperti keabsahan sertifikat dan IMB juga berisiko jika tidak diurus oleh tenaga profesional.

  1. Terkekang oleh desain

Rumah jadi tentu sudah memiliki desain tersendiri, sehingga terkadang sering kali rumah tersebut tidak sesuai dengan keinginan kita. Bahkan kadang ada bagian kecil dari rumah tersebut yang tidak kita sukai sehingga tidak jadi membeli rumah tersebut. Untuk mencari rumah yang begitu tepat dengan apa yang diinginkan memang sangatlah sulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *