Cara Mendeteksi Oknum Penipuan Mandiri E-cash

Cara Mendeteksi Oknum Penipuan Mandiri E-cash

Salah satu bentuk kejahatan kriminal yang mematikan bukan hanya pembunuhan atau penganiayaan, melainkan Penipuan Mandiri E-cash. Hal ini sudah sering dialami oleh para korban yang kerap kali dirinya kehilangan saldo ATM. Yang awalnya 1 juta rupiah bisa saja kemudian hari berkurang menjadi 750 ribu rupiah. Tentu hal ini yang masih menjadi tanda tanya besar bagi para nasabah bank Mandiri khususnya. Yang jelas pihak Bank tidak mungkin melakukan hal serupa demi kepentingan pribadi. Namun justru para pelaku kejahatan cyber yang saat ini sering merancang sebuah cara terbaik agar mudah mengelabuhi para korbannya. Berikut ini kami hadirkan cara mendeteksi kejahatan saldo ATM.

Ciri Ciri Kejahatan Dan Penipuan Mandiri E-cash

  1. Menghipnotis Korban Lewat Telepon

Berdsarkan fakta yang sudah banyak terjadi pada para korban, pelaku kejahatan dan Penipuan Mandiri E-cash ini sering menggunakan telepon untuk meneror korban. Jelas sekali mereka mencari data korban melalui website atau nomor terlpon yang ada di daftar Bank. Setelah berhasil mengumpulkan data korban, tibalah waktunya untuk beraksi. Perlu Anda tahu bahwa ciri ciri kejahatan tersebut akan membuat tampilan wallpaper Hp Anda terisi pulsa paling tidak 50 ribu rupiah ketika Anda hendak mengangkat telepon dari para pelaku. Jika Anda menanggapi mereka, lama kelamaan Anda akan terhipnotis secara tidak langsung. Untuk itu abaikan saja jika Anda nomor telepon dari orang yang tak dikenal.

  1. Mengirim Screenshot Palsu

Salah satu modus Penipuan Mandiri E-cash terbaru yaitu dengan berbelanja online di berbagai website. Salah satu contoh jika Anda yang saat ini tengah menjadi penjual online, yang pasti Anda harus memiliki nomor rekening bank yang tertera. Suatu misal si pelaku menyamar menjadi pembeli, sebaiknya Anda berhati-hati. Biasanya setiap pembeli yang sudah melakukan transfer dana, mereka akan mengirimkan bukti transfer berupa foto atau screenshot ATM. Anda jangan langsung percaya jika mereka sudah melakukan bukti pembayaran. Sebaiknya cek dulu mutasi saldo Anda melalui E-Banking untuk mengetahui benar tidaknya bahwa ada saldo masuk pada hari itu. Jika tidak ada saldo masuk, sudah sangat jelas bahwa itu merupakan bentuk penipuan.

  1. Memasang Pengumuman Palsu DI Mesin ATM

Lain halnya dengan berbelanja online, para pelaku kejahatan dan Penipuan Mandiri E-cash sudah banyak melakukan cara terbaik mereka. Salah satunya dengan memasang pengumuman berupa pemberitahuan di berbagai mesin ATM. Yang tujuannya untuk membujuk Anda mengikuti langkah-langkah yang tersedia dan biasanya mereka mengatasnamakan customer service bank Mandiri agar terkesan lebih meyakinkan. Jika Anda mengalami hal semacam itu sebaiknya jangan pernah Anda baca atau bahkan mengikuti arahan ang telah dipampang oleh para pelaku. Agar Anda lebih aman dalam bertransaksi, sebaiknya tanyakan langsung pada Satpam yang bertugas atau pada pihak bank Mandiri setempat.

Ada kalanya juga bahwa Anda harus lebih up to date terhadap masalah yang lagi viral ini. Atau paling tidak Anda segera beritahu keluarga, kerabat dan orang terdekat Anda lainnya agar mereka terhindar dari modus kejahatan dan Penipuan Mandiri E-cash.  Untuk itu Anda jangan mudah percaya kepada orang yang tak sepenuhnya Anda kenal apalagi menyangkut nomor rekening bank Mandiri yang saat ini Anda gunakan. Sebaiknya rahasiakan baik-baik identitas dan password nomor rekening Anda agar tidak mudah tertipu oleh para pelaku kejahatan cyber. Bila dirasa kejadian ini sedang menimpa Anda/kerabat langsung saja laporkan ke pihak berwajib, call center Mandiri atau langsung saja kunjungi website Mandiri e-Cash resmi untuk tidak lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *