7 Hal Serba Online yang Menjadi Tren

7 Hal Serba Online yang Menjadi Tren

Perkembangan teknologi memang luar biasa dan tidak akan berhenti. Bagi kaum milenal, teknologi sudah menjadi sebuah kebutuhan. Seperti halnya teknologi internet yang dibutuhkan untuk banyak hal. Teknologi tersebut bukan sebatas mempermudah aktivitas manusia, tetapi juga mengubah tren atau budaya masyarakat. Dari yang semula dijalankan secara biasa atau konvensional dan kini berubah menjadi serba online. Adanya internet dan tren online di masyarakat bukan hanya mengubah satu dua kebiasaan. Beberapa kebiasaan berikut adalah contoh dari tren online yang muncul di masyarakat karena teknologi internet tersebut.

Tren Online di Masyarakat

Kaum milenial memang lebih mencari sesuatu yang praktis dan mudah, seperti yang dilakukan dengan cara online berikut.

  1. Eksis di media online

Tren yang satu ini melanda bukan hanya kaum milenial saja, tetapi sebelum dan sesudah masa itu. Banyak masyarakat yang menjadi gemar eksis atau tampil mencuri perhatian di media online. Ada banyak media atau pun aplikasi online yang digunakan masyarakat. Mulai dari facebook, twitter, instagram, hingga aplikasi berbasis pesan online. Hal yang ditunjukkan pun kebanyakan bukan sesuatu yang terlalu penting. Biasanya sebatas apa yang sedang dilakukan pada waktu itu. Hal yang ditampilkan lainnya adalah sesuatu yang dimiliki atau baru dibeli. Tren masyarakat untuk eksis memang sudah menjadi budaya baru yang hampir dilakukan di seluruh dunia.

  1. Usaha online

Tren online yang sedang melanda masyarakat Indonesia adalah bisnis online. Pekerjaan yang menggunakan jaringan internet untuk melakukannya. Ada banyak contoh bisnis online yang ada di dunia, seperti menjadi reseller produk tertentu. Ada pula selebgram yang merupakan pekerjaan orang di aplikasi sosial media instagram. Pekerjaan tersebut biasanya dibayar dengan memposting suatu produk ke seorang selebgram. Selain selebgram, ada youtuber yang merupakan pekerjaan dengan memanfaatkan layanan streaming online yaitu youtube. Pekerjaan yang dilakukan online yang sudah cukup lama ada adalah blogger. Seseorang yang membuat artikel dalam sebuah blog, bagi blogspot atau wordpress. Blogger pun ada banyak kategorinya, mulai dari beauty blogger, travel blogger, hingga yang blogger yang artikelnya tidak menggunakan tema tertentu tetapi lebih pada cerita sehari-hari.

  1. Beli baju online

Tidak hanya berlomba-lomba menggunakan media sosial untuk populer. Masyarakat kini juga mengandalkan teknologi internet untuk berbelanja. Beli baju saja dilakukan dengan cara belanja online. Memang praktis karena tidak perlu pergi ke mana-mana atau pun berkeliling ke toko-toko baju. Pembayarannya pun mudah karena bisa dengan transfer bank. Tren belanja online juga sudah menjadi budaya baru di era digital seperti sekarang. Sebenarnya bukan hanya beli baju saja. Ada banyak barang yang bisa dibeli secara online. Beberapa toko online atau yang biasa disebut online shop berlomba-lomba untuk menyediakan lebih banyak barang dengan penawaran yang menarik. Ada yang menggunakan sistem lapak yang isinya bisa barang dari banyak pedagang. Namun ada pula toko online yang sistemnya seperti mall. Masyarakat tentu bebas memilih mana toko  online yang paling sesuai. Persaingan bisnis seperti ini pun menjadi sangat ketat, terlebih lagi semua informasi bisa diakses termasuk harga barang dan layanannya.

  1. Order makanan online\

Satu lagi yang muncul di zaman digital dan internet yakni order makanan. Biasanya untuk membeli makan perlu pergi ke rumah makan padang atau ke warteg. Sekarang semua sudah sangat mudah dan praktis. Tidak perlu keluar karena bisa pesan untuk dibelikan makanan. Layanan order makanan ini merupakan budaya yang cukup baru. Sebelum ada internet mungkin order makanan tidak ada yang melakukannya atau mungkin hanya sedikit. Semenjak ada teknologi online, para kreator memang membuat inovasi-inovasi layanan online baru. Termasuk order makanan secara online yang cukup banyak peminatnya. Namun kendala layanan ini biasanya datang dari konsumen yang tiba-tiba membatalkan atau cancelling order. Kalau belum dibelikan tentu tidak apa-apa, tetapi kalau sudah dibeli dan ternyata dicancel tentu saja ada pihak yang dirugikan.

  1. Transportasi online

Hal baru yang muncul setelah adanya teknologi internet adalah transportasi online. Baik ojek atau pun taxi online yang bisa dipesan melalui aplikasi tertentu. Walaupun di Indonesia keberadaan transportasi online sempat membuat gaduh, namun ojek dan taxi online masih mudah ditemui terutama di kota-kota besar seperti Jakarta. Selain memudahkan transportasi masyarakat, adanya layanan seperti ini juga membuka peluang usaha baru. Banyak masyarakat yang berminat untuk menjadi tukang ojek atau sopir taxi online. Untuk masyarakat yang sedang membutuhkan tambahan penghasilan, menjadi tukang ojek atau sopir taxi online memang cukup membantu. Pekerjaan ini banyak dijadikan pekerjaan sampingan untuk mendapatkan uang cepat. Tidak sedikit pula yang merupakan mahasiswa menjalankan usaha ojek online, bahkan beberapa ojek online merupakan ibu rumah tangga. Dari yang dulunya tidak bisa menghasilkan, sekarang menjadi lebih produktif setelah ada layanan sekelas transportasi online tersebut.

  1. Kencan online

Satu hal yang juga tidak ditemukan pada zaman sebelum internet adalah kencan online. Bertemu dengan seseorang yang mungkin akan menjadi jodoh melalui dunia maya. Serba online yang ini memang cukup unik karena seperti mak comblang. Ada beberapa situs yang memang menyediakan layanan kencan online dan bahkan member dalam situs tersebut berasal dari berbagai negara. Situs seperti ini mempermudah seseorang untuk bertemu bule dan mungkin menikah dengan orang asing. Namun perlu diwaspadai karena tidak semua member bisa dipercaya. Bagi masyarakat tanah air, kencan online mungkin masih dianggap terlalu aneh dan mungkin tidak baik. Orang yang bergabung dengan situs-situs tersebut juga sering dianggap sebagai orang nakal atau yang suka main-main dengan pasangan. Walaupun demikian kencan online sudah menjembatani beberapa pasangan beda negara untuk bertemu dan menikah.

  1. Kredit online

Uang Cepat

Kredit pun sekarang ikut-ikutan dilakukan secara online. Beberapa perbankan di tanah air menawarkan kredit dengan pengajuan secara online. Jadi calon peminjam tidak perlu antri ke bank dan mengajukan ke customer service bank. Cukup dengan membuka situs di internet, kredit online bisa diajukan. Biasanya ada persyaratan seperti beberapa dokumen yang perlu diunggah sebagai data diri. Ada yang membatasi jumlah pinjaman sesuai dengan penghasilan bulanan. Namun ada pula yang tidak menggunakan jaminan dan bisa langsung mengajukan kredit. Mungkin ini salah satu yang paling menarik dan belum ada sebelumnya. Seseorang bisa pinjam uang tanpa jaminan online. Benar-benar kemajuan tren online yang sangat modern. Adanya teknologi internet ini memang membuat banyak kemudahan beberapa kegiatan. Bisa untuk membantu memberikan modal usaha atau modal untuk memberi sebuah produk.

Demikian beberapa kegiatan serba online yang sudah menjadi tren di masyarakat digital. Mungkin tidak ada sebelum hadirnya internet. Tidak menutup kemungkinan akan ada layanan atau kegiatan online lain yang akan menjadi tren baru di masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *