4 Hal yang Dapat Dilakukan Untuk Menjaga Kesehatan Anak

4 Hal yang Dapat Dilakukan Untuk Menjaga Kesehatan Anak

Melihat anak tumbuh dengan sehat dan bugar adalah keinginan setiap orang tua. Menciptakan lingkungan yang aman, bersih dan sehat serta memastikan askep pemenuhan kebutuhan nutrisi anak adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan buah hati tercinta.

Selain itu Anda juga harus lebih ‘cerewet’ untuk membiasakan anak menerapkan pola hidup yang sehat. Bisa dimulai dengan hal sederhana, seperti; membiasakan anak untuk mencuci tangan sebelum atau sesudah makan.

Lalu apa saja hal yang harus Anda lakukan untuk menjaga kesehatan si kecil?

askep pemenuhan kebutuhan nutrisi

Batasi konsumsi makanan bergula tinggi

Sepertinya semua anak-anak memang menyukai makanan yang manis-manis. Bisa kue, cokelat, roti, permen, maupun jenis jajanan lainnya. Hal ini karena gula yang ada pada makanan-makanan tersebut mampu merangsang endorfin yang akan menjadikan anak lebih senang dan rileks. Alhasil, anak pun menjadi ketagihan jajan.

Benar, melihat anak selalu senang juga menjadi bagian dari kebahagiaan Anda. Tapi untuk hal yang satu ini ada baiknya Anda sedikit lebih tegas. Perlu diketahui bahwa anak yang terlalu sering atau banyak mengonsumsi makanan minuman manis bisa terkena resiko kurang gizi hingga obesitas.

Untuk itu coba berikan pengertian pada anak agar mau mengurangi mengonsumsi jajanan yang manis. Sebagai gantinya Anda dapat memberikan buah-buahan atau membuatkan camilan sehat.

 

Istirahat cukup

Bukan hanya orang dewasa yang harus memiliki kualitas istirahat yang baik. Lebih dari itu, anak-anak justru lebih membutuhkannya. Bukan hanya demi kesehatannya, namun hal ini juga berkaitan erat dengan pertumbuhan dan perkembangannya.

Anak-anak yang berusia 1-3 tahun membutuhkan tidur selama 12 sampai 14 jam setiap harinya. Lalu untuk anak usia 4 tahun sampai 6 tahun membutuhkan 11 – 13 jam waktu tidur. Biasakan anak untuk memiliki pola tidur yang berkualitas agar kesehatan senantiasa terjaga. Apalagi anak-anak sangatlah aktif, sehingga tubuhnya memerlukan waktu yang cukup untuk istirahat.

 

Makanan bergizi

Selain waktu tidur yang cukup, anak juga harus diberi makanan yang bergizi. Rajinlah menyajikan makanan yang bergizi agar anak selalu sehat sehingga membantu dalam mengoptimalkan daya tumbuh kembangnya.

Akan lebih baik jika Anda membatasi anak untuk jajan di luar lalu menggantinya dengan membuatkan jajanan ala rumahan. Dengan begitu Anda bisa memastikan bahwa anak selalu mengonsumsi jajanan atau makanan yang sehat serta bernutrisi.

 

Imunisasi

Anak yang masih berusia balita lebih rentan terserang virus maupun bakteri karena daya tahan tubuhnya masih lemah. Karena itu lakukan imunisasi secara rutin berdasarkan jadwal yang sudah ada. Imunisasi ini membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh si kecil dari ancaman berbagai penyakit seperti; influenza, polio, tifoid, hepatitis A dan lain sebagainya.

 

Demikianlah 4 hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan anak. Selalu perhatikan askep pemenuhan kebutuhan nutrisi anak supaya kebutuhan nutrisi tubuhnya senantiasa terpenuhi dengan baik. Dengan begitu anak dapat tumbuh dengan sehat dan selalu ceria menjalani hari-harinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *