Thursday, December 19, 2019

Daftar Tempat Wisata Alam dan Pantai di Bandung

Bandung di kenal dengan kota yang romantis. Apalagi setelah booming sebuah film yang diadaptasi dari novel seorang tokoh nyentrik Bandung, Pidi Baiq, yaitu Film Dilan 1990. Sebelum ada film tersebut pun, Bandung sudah jauh hari telah menjelma menjadi kota yang romantis. Ada banyak tempat-tempat wisata alam yang akan menambah citra romansa menggelora.

Jika membicarakan tentang destinasi wisata di Kota Bandung ini, Maka untuk satu artikel ini saja tidak akan bisa selesai di bicarakan. Yah, Bandung memang bukan semata-mata tentang geografis saja. Tapi, ada rasa yang tertinggal di sana. Nah, berikut ini akan kami berikan rekomendasi beberapa destinasi wisata alam dan pantai di Bandung.

Daftar Tempat Wisata Alam dan Pantai di Bandung

Apa saja destinasi alam atau pantai tersebut? Simak penjelasan artikel di bawah ini.

1. Tebing Keraton

Tebing keraton memiliki ketinggian mencapai 1200 meter diatas permukaan. Dari atas ketinggian Tebing Keraton, kamu dapat dengan leluasa menikmati keindahan berupa pemandangan alam yang fantastis dan cantik. Tebing Keraton mulai di kenal khalayak luas pada sekitar tahun 2014. Sebelum diresmikan sebagai destinasi wisata alam, tempat ini dulu merupakan tebing yang terjal berliku.

Tempat wisata alam Tebing Keraton berhadapan langsung dengan Taman Hutan Raya Ir. H Juanda, dengan latar belakang berupa Gunung Tangkuban Perahu. Ada banyak spot foto yang bisa kamu pilih untuk berselfie dan mengabadikan moment indah di Tebing Keraton. Namun kamu perlu mawas diri, jangan berfoto di luar pagar pengaman dan di tempat-tempat yang membahayakan. Demi keselatan diri mu.

Juga ada baiknya ketika kamu berkunjung ke tempat ini jangan membawa serta anak kecil. Untuk dapat masuk dan menikmati keindahan dari kawasan Tebing Keraton ini, kamu di kenakan tarif sebesar 11 ribu rupiah dan bagi wisatawan asing, tarif masuk destinasi wisata Tebing Keraton ini sebesar 76 ribu rupiah. Jika kamu berada di kota Bandung, tak ada salahnya jika berkunjung ke Tebing Keraton. Kamu tidak bakal menyesal jika berkunjung ke wisata alam yang satu ini, Bung.

2. Hutan Kota Babakan Siliwangi

Hutan Kota Babakan Siliwangi telah ada sejak zaman penjajahan Belanda dengan nama pada waktu itu adalah Lebak Gede. Hutan Kota Babakan Siliwangi juga di kenal dengan nama lain nya yaitu Taman Baksil. Tempat ini merupakan bentukan secara alami dari sungai Cikapundung. Hutan Kota Babakan Siliwangi memiliki luas sekita 3,8 Hektar.

Pada tanggal 27 September 2011, Perserikatan Bangsa-Bangsa atau PBB resmi menyatakan bahwa Hutan Kota Babakan Siliwangi menjadi salah satu ikon hutan dunia. Dan pada tahun 2013, pemerintahan kota Bandung resmi mengelola hutan ini dan dibebaskan untuk bisa di kunjungi oleh masyarakat umum. Kamu dapat melihat berbagai habitat dari para satwa yang hidup di Hutan Kota Babakan Siliwangi. Tempat ini sering digunakan untuk berbagai macam kegiatan, semisal lomba-lomba atau acara kesenian dan kebudayaan.

Di kawasan Hutan Kota Babakan Siliwangi terdapat fasilitas Forest Walk, yaitu sebuah jembatan yang di desain khusus untuk memudahkan para pengunjung yang ingin menjelajahi hutan dengan luas lebih dari tiga hektar ini. Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya apapun untuk dapat masuk ke kawasan hutan kota Babakan Siliwangi ini. Dan kamu bisa datang kapan saja ke tempat ini karena tidak ada jam operasional nya.

Ketika kamu berkunjung ke Hutan Kota Babakan Siliwangi ini, tolong untuk menjaga kebersihan dengan cara tidak buang sampah sembarangan. Untuk kelesatarian dan keasrian dari Hutan Kota Babakan Siliwangi ini agar tetap terjaga dan tidak rusak karena ulah-ulah tangan tak bertanggung jawab. Oke ya bung?

3. Taman Hutan Raya Ir. H Juanda

Lain halnya dengan Taman Hutan Kota Babakan Siliwangi, Taman Hutan Raya Ir. H Juanda ini memiliki luas yang lebih lebar dari pada Taman Baksil, yaitu dengan luas mencapai 600 Hektar. Taman Hutan Raya Ir. H Juanda ini terbentang luas dari Dago Pakar sampai unjung dari Maribaya Lembang. Taman Hutan Raya Ir. H Juanda memiliki banyak pintu gerbang atau pintu masuk, dan akses termudah bisa kamu tempuh lewat pintu gerbang yang berada di kawasan Dago Pakar.

Di dalam kawasan Taman Hutan Raya Ir. H Juanda ini terdapat dua Goa peninggalan zaman penjajahan, yang pertama adalah Goa Belanda yang di bangun pada tahun 1918 dan juga Goa Jepang yang di bangun pada tahun 1942-1945 oleh rakyat Indonesia yang menjadi korban dari Romusha Penjajahan Jepang.

Di dalam kawasan ini pula terdapat air terjun yang memiliki nama Omas atau Curug Maribaya. Curug Maribaya memiliki ketinggian mencapai 30 Meter. Jika kamu ingin berkunjung ke Taman Hutan Raya Ir. H Juanda, kamu dikenakan tarif sekitar 11 ribu rupiah dan untuk wisatawan asing dikenakan biaya sekitar 76 ribu rupiah.

4. Pantai Pangandaran

Bandung memang tidak memiliki kawasan pantai. Namun jika kamu memaksakan diri untuk menikmati destinasi wisata pantai ketika sedang ada di Bandung, mungkin kamu bisa mengunjungi Pantai Pangandaran. Pantai ini tidak terlalu jauh dari Bandung. Berlokasi di Pangandaran yang berbatasan dengan Kabupaten Cilacap dan Banjar. Pantai ini bisa di bilang masih asri, karena tidak terlalu di komersialkan. Jika kamu ingin menikmati pantai yang masih asri alami, Pantai Pangandaran adalah solusi untuk kamu singgahi.

5. Pantai Santolo

Pantai ini berlokasi di Pameungpeuk, kota Garut. Jika kamu dari kota Bandung dan berencana untuk singgah ke pantai ini, waktu yang kamu tempuh tidak terlalu lama yaitu sekitar 4 sampai 5 jam. Pantai Santolo masih sangat asri dan alami. Selain itu, di pantai ini juga terdapat markas LAPAN. Kamu mungkin akan menyaksikan roket-roket percobaan yang jatuh ke area laut atau pantai tersebut.

6. Pantai Ciantir

Pantai ini berlokasi di wilayah Kota Banten. Jika kamu berada di Kota Bandung dan ingin berkunjung ke pantai Ciantir, waktu yang kamu tempuh untuk sampai ke pantai itu sekitar 7 jam perjalanan. Pantai ini sangatlah indah, kamu akan di suguhkan dengan hamparan pasir pantai yang luas terhampar di sepanjang bibir pantai, serta hembusan angin laut yang semilir mengibas rambut mu. Perjalanan panjang 7 jam dari Bandung akan terbayar lunas ketika kamu sampai di pantai ini.

Nah, itulah beberapa destinasi wisata alam yang ada di Bandung, serta beberapa pantai yang berjarak tidak terlalu jauh dari kota Bandung. Kamu bisa pilih salah satu. Atau, jika kamu punya uang banyak, kamu boleh sekali kunjungi semua destinasi wisata alam dan pantai yang ada di kota Bandung dan sekitarnya.

0 comments:

Post a Comment