Friday, July 19, 2019

Cara Mengubah Security Code OVO

Manusia memang tak pernah bisa luput dari salah dan lupa, bahkan kadang sesuatu yang penting dan krusial seperti password ataupun security code OVO. Jika Anda pernah atau sedang mengalaminya, Anda memang wajib belajar cara mengubah security code OVO untuk mencoba mengatasinya. Mengapa security code ini begitu penting sehingga patut membuat Anda panik jika lupa kombinasinya? Tentu saja karena tanpa security code ini Anda tak bisa melakukan transaksi apapun menggunakan saldo OVO Anda.
Sebenarnya, tujuan dibuat security code OVO adalah baik, yakni untuk mengamankan saldo OVO pengguna agar tidak dipergunakan oleh orang tak bertanggung jawab tanpa izin pemiliknya. Meskipun sebelumnya Anda pasti sudah memasukkan password untuk autentikasi akun ketika login, security code ini memang sengaja dibuat untuk keamanan lapis kedua agar akun Anda tak mudah diretas. Dengan begitu dana Anda tetap aman.

Lalu, bagaimana mengatasinya ketika mendadak lupa kombinasi enam angka security code ini sementara Anda benar-benar butuh dana di OVO untuk melakukan pembayaran? Sebenarnya, ada satu langkah preventif yang bisa Anda lakukan yakni mencatatnya. Namun, jika terlanjur sudah lupa dan belum sempat mencatatnya, Anda bisa mencoba cara mengubah security code OVO di bawah ini.

Jika Anda juga mempunyai akun Tokopedia, Anda juga bisa mengubah password dengan cara di bawah ini. Sebelumnya, pastikan email serta nomor telpon yang didaftarkan pada akun Tokopedia dan OVO adalah sama dan saling terintregasi.

1. Buka aplikasi OVO di ponsel Anda. Klik tombol Sign In.

2. Pada halaman yang muncul, tekan Lupa Security Code.

3. Masukkan nomor hp yang telah tersinkronisasi dengan akun OVO Anda. Klik menu Berikutnya.

4. Pihak OVO akan mengirimkan kode verifikasi ke nomor yang Anda masukkan tadi. Anda bisa mengecek inbox SMS Anda untuk memastikannya, lalu masukkan kode verifikasi yang Anda terima ke kolom yang tersedia.

5. Buatlah security code yang baru, lalu ulangi sekali lagi dengan memasukkan kombinasi angka yang sama untuk mengonfirmasi security code baru Anda.
Nah, apabila solusi ini gagal lantaran nomor hp ataupun email yang Anda daftarkan sudah tidak aktif lagi, Anda bisa menghubungi pihak Custumer Service OVO. Ini merupakan solusi pamungkas dan paling solutif. Anda bisa menghubungi cs@ovo.id dengan mencantumkan subjek ‘Lupa Security Code’. Agar lebih meyakinkan lampirkan screenshot dasbor akun OVO Anda dalam posisi sudah terlogin dan sorot bagian saldo OVO.

Tunggu hingga pihak OVO memberikan konfirmasi. Jangan mengharapkan balasan berupa nomor security code yang baru dari pihak CS OVO. Anda hanya akan diarahkan pada URL yang bisa Anda gunakan untuk reset pin pribadi Anda.

Lain halnya jika akun OVO Anda diretas. Anda bisa mensiasati dengan mengganti security code secara berkala agar dana Anda yang tersimpan tetap aman dan tak bisa digunakan sang peretas. Berikut cara mengubah security code OVO untuk kasus ini.

1. Buka aplikasi OVO seperti biasa. Kemudian tap ikon gear yang terletak di sudut kanan atas. Anda akan masuk menu Setting.
2. Klik Ubah Security Code pada menu Keamanan.
3. Masukkan security code yang saat ini masih aktif.
4. Masukkan security code baru dengan mengkombinasikan angka yang Anda inginkan.
5. Ulangi ketik sekali lagi angka yang yang Anda input sebagai security code tadi. Angka ini harus benar-benar sama karena berfungsi sebagai sarana konfirmasi ulang.

Semoga artikel ini bisa membantu mengatasi kebingungan Anda yang ingin mengubah security code di aplikasi OVO. Pastikan Anda mengingat atau setidaknya mencatat security code Anda agar tidak merepotkan jika lupa di kemudian hari. Juga, jangan lupa menjaga kerahasiaannya agar tidak disalahgunakan ataupun dibobol sekalipun akun OVO Anda berhasil diretas.

0 comments:

Post a Comment